Connect with us
ernest ernest

Social Media

Akibat Blunder, Kontrak Ernest Prakasa Dihentikan Sido Muncul

Ernest Prakasa dihentikan kontraknya oleh Sido Muncul sebagai salah satu bintang iklan yang dikontrak selama setahun untuk mempopulerkan Tolak Angin. Pasalnya cuitan Ernest tentang Wakil President Yusuf Kalla yang sedang bersalaman dengan Dr. Zakir Naik dianggap melecehkan agama . Sontak publik langsung bereaksi dengan keluarnya tagar #BoikotTolakAngin.

Ini bukan kali pertama Ernest melakukan blunder di media sosial. Dahulu Ernest pernah melakukannya di kampanye digital Mini dimana dia yang diberitakan diculik oleh orang tak dikenal secara tak sengaja menaruh #Mini di video yang sedang diunggahnya. Sehingga publik yang semula bersimpati, berbalik menjadi marah. Namun blunder tersebut tidak mempengaruhi Mini sebagai sebuah brand.

Berbeda dengan Mini, kasus Ernest Prakasa yang dianggap melewati batas dan berbuah #BoikotTolakAngin secara tidak langsung berimbas kepada brand yang sedang dibawanya tersebut. Tak mau kasus ini berlarut-larut, akhirnya PT Sido Muncul sebagai pemilik merek Tolak Angin memberikan klarifikasi atas insiden yang terjadi.


Irwan Hidayat selaku Direktur PT. industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk menjelaskan bahwa iklan Tolak Angin dengan model Ernest Prakasa sudah tidak ditayangkan. Selain itu, kontrak kerja antara Sido Muncul dengan Ernest juga hampir habis dan tidak ada niatan untuk memperpanjangnya.


Namun apabila memang kontrak Ernest masih panjang, perusahaan akan segera memutuskannya karena sudah dianggap merugikan perusahaan meskipun ada permintaan maaf resmi dari pihak Ernest. Menurut Irwan, kasus ini akan menjadi pembelajaran bagi PT SidoMuncul agar lebih berhati-hati dalam menjalankan kerja sama dengan bintang iklan.


Irwan berharap masyarakat mampu membedakan pendapat pribadi atau perusahaan. Karena dalam kasus ini, Tolak Angin tidak bertanggung jawab atas persoalan yang terjadi karena Ernest.

Digital

#PepsiJammingSeru, Program Live Streaming Musik dari Pepsi Indonesia

Foto Press Release #PEPSIJammingSeru-campaignindonesia

#PEPSIJammingSeru adalah program musik live stream yang pertama di Indonesia dengan menggunakan sosial media. Melalui kampanye digital ini, PEPSI Indonesia berupaya untuk memperkuat positioning brand PEPSI di industri musik Indonesia.

Seperti diketahui, PEPSI memang tidak jauh dari musik. Sudah lebih dari 60 tahun Pepsi mendekatkan diri dengan musik dan kultur anak muda. Sebutlah nama Michael Jackson, Madonna, Britney Spears, Kanye West, David Bowie, Papa Roach, dan beberapa penyanyi lainnya pernah bergabung menjadi bintang iklan Pepsi.

Di Indonesia, PEPSI menggadeng 12 musisi terbaik yang nantinya akan tampil melalui live streaming di Facebook fanspage dan Instragram mereka setiap bulan. Sebagai pilot project terpilihlah Mocca, sebuah band yang tidak asing lagi bagi anak muda Indonesia.

Untuk melaksanakan project yang cukup ambisius ini, PEPSI Indonesia menunjuk Froyo Story sebagai digital agency yang nantinya bertanggung jawab mengelola semua kampanye digital mereka. Termasuk salah satunya adalah #PEPSIJammingSeru sebagai permulaan.

“Kami merasa sangat senang PepsiCo mempercayai ide kami, sehingga kami dapat mewujudkannya secara nyata.

#PEPSIJammingSeru mempunyai konsep yang baru dan kami berharap acara ini dapat menjadi sukses,” ujar Chandra Purnayuda, CEO Froyo Story.

Hal itu diamini oleh Arina Ephipania, vocalis Band Mocca yang jadi penampil pertama di program #PepsiJammingSeru ini.
“Program ini akan menjadi satu hal yang menarik karena belum pernah di lakukan di Indonesia dan menjadi wadah yang baik untuk kami berinteraksi dengan fans.”

Saat ditemui oleh tim Campaign Indonesia, Andina Mutya, Brand Manager PEPSI Indonesia mengatakan hal yang sama.

“#PEPSIJammingSeru adalah sebuah terobosan besar untuk PEPSI Indonesia. Kami percaya bahwa PEPSI dan musik merupakan komposisi yang pas untuk dinikmati bersama teman-teman. Ini adalah konsep yang fresh. Harapan kami, anak-anak muda di Indonesia dapat bersenang-senang dengan menyaksikan musisi favorit mereka bernyanyi selama 1 jam melalui live stream di social media,” cetusnya.

Saat kami melihat secara langsung, total penonton live streaming konser ini jumlahnya melebihi angka fans mereka di instagram.

“Kami yakin, kedepannya live streaming akan semakin banyak,” tutup Andina.

Dengan konten marketing yang semakin booming di Indonesia, tentu saja brand harus punya jurus andalan untuk meraih perhatian audience mereka di antara hiruk pikuk konten yang bersliweran di sosial media. Dan apakah Live Streaming akan menjadi lahan baru yang wajib digarap oleh para brand? Mari kita tunggu.

Baca juga: Live Streaming, Senjata Baru Brand Untuk Video Advertising.

 

Continue Reading

Social Media

Facebook launches Blueprint training and certification program for brands and marketers.

facebook blueprint

Is your brand’s Facebook strategy right? How to make your Facebook ads reach the right target? If you are wondering about those things, afraid not. Now Facebook launches Blueprint training and certification program for brands and marketers.
Blueprint is a new education program that trains agencies, partners and marketers on how to use Facebook, so they can create better campaigns that drive business results. Combining online courses, in-person training and certification, Blueprint offers training on everything from campaign optimization and how to use video on Facebook to effective ad measurement solutions.
The foundation of Blueprint is its eLearning center, which features over 35 online courses and has tracks organized by category, such as direct response marketing, as well as tracks designed for specific roles, such as digital buying. Blueprint eLearning easily integrates with other learning and development programs and offers reporting to track progress and results.
The Blueprint eLearning center is available in English on desktop and mobile to anyone with a Facebook account. Later this year Blueprint will expand to other languages.
 
facebook-blueprint
 

Learn How: Education for small businesses and new marketers
For small businesses and marketers new to Facebook, they are introducing Learn How, an online learning center that helps businesses do more with Facebook Pages and Ads. Using videos, images and step-by-step instructions, Learn How offers marketers answers to frequently asked questions, like how to create a Page or how to create a Custom Audience.
The Learn How content is organized to be flexible: you can use it cover a topic in-depth, or as a reference library to cover questions as they come up.
source: blogsrelease

Continue Reading

Social Media

Instagram Kenalkan Fitur Video Looping

instagram video looping

Hari ini Instagram kenalkan Video Looping tanpa batas sebagai fitur terbaru mereka. Fitur semacam ini bukanlah hal yang baru karena sudah pernah dipopulerkan beberapa saat lalu oleh Vine yang menggantikan Like dan Share sebagai ukuran kesuksesan sebuah video.

Facebook sendiri sepertinya tak ingin ketinggalan bereksperimen dengan teknik yang sama. Alih-alih dibenamkan ke aplikasi sendiri, fitur ini justru diaplikasikan ke Instagram, yang mempunyai 300 juta user. Sayangnya hanya aplikasi Instagram berbasis iOS dan Web yang bisa menikmatinya lebih dahulu.

Dengan looping tanpa batas, Instagram menantang untuk penggunanya untuk lebih kreatif  lagi seperti diperlihatkan oleh The Gap yang meluncurkan micro-series di Instragam terkait dengan fitur terbaru mereka dengan aktor Jenny Slate dan Paul Dano. Otak dibalik micro-series ini adalah Wielden+Kennedy New York.

“Biasanya orang memutar ulang video itu untuk melihat sesuatu yang berbeda,” ujar Tricia Nichols, Gap’s global leader of consumer engagemen, media strategy dan brand partnership saat ditanya tentang micro-series yang terdiri dari 12 episode itu. “Plot yang tak tertebak, sedikit kejutan disana-sini. Jadi ini adalah kesempatan untuk membuat video loop”.

The Gap series memberikan judul,  “weirdest love story ever Instagrammed,” yang akan muncul setiap minggu untuk memperkenalkan jajaran fashion terbaru mereka.

Kini penikmat video di Instragram tak perlu lagi untuk menekan tombol “replay” setiap kali. Bagimana fitur terbaru instagram ini akan dimanfaatkan brand di Indonesia?

Continue Reading

Most Popular