Connect with us
kejar-biru-pocari-sweat kejar-biru-pocari-sweat

Digital

Bagaimana POCARI SWEAT Melakukan Brand Storytelling Lewat Video Interaktif #KEJARBIRU

Saat ini media semakin multiscreen, partisipatif dan kontekstual. Hal ini memaksa brand harus bisa stand out diantara yang lain. Mau tidak mau, brand harus menyesuaikan komunikasi mereka berdasarkan kebiasaan, pangsa pasar dan media baru untuk produk mereka.
Jadi apa brand harus lakukan? Apakah memposting visual content mereka saja sudah cukup? Seberapa pentingkah memasukkan storytelling dalam sebuah campaign?

“Marketing is no longer about the stuff you make, but about the stories you tell” – Seth Godin

POCARI SWEAT, sebuah brand minuman isotonik meluncurkan video interaktif #KEJARBIRU di Instagram untuk pertama kali di Indonesia dengan memasukkan unsur storytelling yang relevan dengan pangsa pasar mereka.
Video #KEJARBIRU bercerita tentang seorang cowok bernama Dion yang mendadak menemukan “rejeki ramadhan”. Bersama kedua sahabatnya yang konyol, Oot dan Ooy, Dion mencoba “mengejar” gadis yang bernama Biru. Tentu saja semua tidak mudah karena Biru ternyata jago lari.
Dion tidak patah arang, dan harus tetap melakukan kegiatan agar bisa mengejar Biru meskipun sedang puasa. Dalam video ini, POCARI SWEAT menyelipkan edukasi tentang pentingnya menjaga ION selama puasa sehingga tidak mudah dehidrasi dan menjadikan puasa lebih optimal serta tetap aktif selama bulan ramadhan.
 

A photo posted by POCARI SWEAT (@pocariid) on


 
Uniknya lagi, POCARI SWEAT mengajak fans untuk menentukan bagaimana jalan cerita #KEJARBIRU selanjutnya melalui mekanisme voting, menjawab pertanyaan quiz bahkan sampai pembelian produk. Video yang diluncurkan setiap jam 4 dini hari menawarkan interaksi langsung, sehingga fans ikut merasakan apa yang dialami oleh Dion saat mengejar Biru.
Pemilihan Sammaria Simanjuntak sebagai sutradara dan Joko Anwar sebagai produser #KEJARBIRU tentu saja bukan tanpa pertimbangan matang. Keduanya dikenal sebagai sineas yang cukup diperhitungkan dalam membuat film.
“Hanya dalam durasi 15 detik kami harus memikat hati konsumen untuk tetap ingin mengikuti cerita selanjutnya sekaligus bisa menyampaikan pesan edukasi, ini adalah tantangan tersendiri.” ujar Joko Anwar dan Sammaria Simanjuntak.
Hal ini juga diamini oleh Daniel Pieter, Head of Marketing Pocari Sweat.
“Dalam pembuatan #KEJARBIRU, kami sangat memikirkan konten cerita dan pengarahan filmnya, agar kami dapat mengemas edukasi ini dalam sebuah cerita film pendek yang memikat hati konsumen di Indonesia.” tutur Daniel.
Menurut Christoper Booker penulis buku “The Seven Basic Plot”, ada 7 alur cerita yang bisa digunakan untuk Brand Storytelling.

  1. Overcoming Monster : David vs Goliath
  2. Rags to Riches : Miskin jadi Kaya – Contoh: Cinderella
  3. Rebirth : Antagonis menjadi Protagonis – Contoh: Despicable Me.
  4. Voyage & Return : Protagonis pergi ke negeri antah berantah dan kembali dengan membawa pengalaman seperti film Finding Nemo.
  5. Tragedy : Protagonisnya menjadi tokoh penjahat karena suatu hal dan berakhir dengan hal yang berarti – contoh: Macbeth
  6. Comedy : Karakter humoris yang berakhir dengan bahagia
  7. The Quest : Seorang protagonis menghadapi kendala dan tantangan yang harus diatasi agar bisa mencapai tujuannya dan dibantu oleh teman-temannya.

Pemilihan alur The Quest dibumbui dengan Comedy membuat akun POCARI SWEAT di instagram meraup kenaikan jumlah followers lebih dari 201.63% ditambah jumlah likes mencapai 356% dan total kenaikan komentar dari fans sampai 2411% dibandingkan sebelum #KEJARBIRU diluncurkan.
POCARI SWEAT menggunakan dua akun instagram untuk melakukan digital campaign mereka ini: @PocariID untuk melihat video series #KEJARBIRU dan @kejarbiru  untuk informasi cara berpartisipasi dalam video interaktif tersebut serta hadiah apa saja yang diperebutkan.
Tertarik mengikuti jalan cerita Dion dan Biru di video serial instagram #KEJARBIRU? Simak di https://www.instagram.com/PocariID
Bagimana dengan brand anda? Sudah siap memasukkan unsur storytelling seperti yang dilakukan POCARI SWEAT dengan #KEJARBIRU?

Digital

#PepsiJammingSeru, Program Live Streaming Musik dari Pepsi Indonesia

Foto Press Release #PEPSIJammingSeru-campaignindonesia

#PEPSIJammingSeru adalah program musik live stream yang pertama di Indonesia dengan menggunakan sosial media. Melalui kampanye digital ini, PEPSI Indonesia berupaya untuk memperkuat positioning brand PEPSI di industri musik Indonesia.

Seperti diketahui, PEPSI memang tidak jauh dari musik. Sudah lebih dari 60 tahun Pepsi mendekatkan diri dengan musik dan kultur anak muda. Sebutlah nama Michael Jackson, Madonna, Britney Spears, Kanye West, David Bowie, Papa Roach, dan beberapa penyanyi lainnya pernah bergabung menjadi bintang iklan Pepsi.

Di Indonesia, PEPSI menggadeng 12 musisi terbaik yang nantinya akan tampil melalui live streaming di Facebook fanspage dan Instragram mereka setiap bulan. Sebagai pilot project terpilihlah Mocca, sebuah band yang tidak asing lagi bagi anak muda Indonesia.

Untuk melaksanakan project yang cukup ambisius ini, PEPSI Indonesia menunjuk Froyo Story sebagai digital agency yang nantinya bertanggung jawab mengelola semua kampanye digital mereka. Termasuk salah satunya adalah #PEPSIJammingSeru sebagai permulaan.

“Kami merasa sangat senang PepsiCo mempercayai ide kami, sehingga kami dapat mewujudkannya secara nyata.

#PEPSIJammingSeru mempunyai konsep yang baru dan kami berharap acara ini dapat menjadi sukses,” ujar Chandra Purnayuda, CEO Froyo Story.

Hal itu diamini oleh Arina Ephipania, vocalis Band Mocca yang jadi penampil pertama di program #PepsiJammingSeru ini.
“Program ini akan menjadi satu hal yang menarik karena belum pernah di lakukan di Indonesia dan menjadi wadah yang baik untuk kami berinteraksi dengan fans.”

Saat ditemui oleh tim Campaign Indonesia, Andina Mutya, Brand Manager PEPSI Indonesia mengatakan hal yang sama.

“#PEPSIJammingSeru adalah sebuah terobosan besar untuk PEPSI Indonesia. Kami percaya bahwa PEPSI dan musik merupakan komposisi yang pas untuk dinikmati bersama teman-teman. Ini adalah konsep yang fresh. Harapan kami, anak-anak muda di Indonesia dapat bersenang-senang dengan menyaksikan musisi favorit mereka bernyanyi selama 1 jam melalui live stream di social media,” cetusnya.

Saat kami melihat secara langsung, total penonton live streaming konser ini jumlahnya melebihi angka fans mereka di instagram.

“Kami yakin, kedepannya live streaming akan semakin banyak,” tutup Andina.

Dengan konten marketing yang semakin booming di Indonesia, tentu saja brand harus punya jurus andalan untuk meraih perhatian audience mereka di antara hiruk pikuk konten yang bersliweran di sosial media. Dan apakah Live Streaming akan menjadi lahan baru yang wajib digarap oleh para brand? Mari kita tunggu.

Baca juga: Live Streaming, Senjata Baru Brand Untuk Video Advertising.

 

Continue Reading

Digital

Akui Kekurangan, Video Blue Bird Banjir Pujian

blue bird berubah

Video Blue Bird banjir pujian saat diluncurkan.

Seperti diketahui, saat ini masyarakat lebih memilih mengandalkan taksi online karena dianggap jauh lebih murah. Sebut saja Grab dan Uber yang menggunakan teknologi terbaru untuk melayani masyarakat yang memang butuh transportasi yang bisa diandalkan dengan cepat.

Seperti armada taksi konvensional lainnya, Blue Bird Group sepertinya terlambat mengantisipasi unbundling services yang hadir dan berkembang secara cepat. Dengan total armada sebanyak 45000 di seluruh Indonesia dan sebagai pemain lama di bisnis moda transportasi, Blue Bird sedikitnya pasti merasa terancam akan hadirnya taksi online seperti Uber yang perlahan mulai menggerus revenue mereka.

Tak bisa pungkiri kalau gesekan antara taksi online dan konvensional semakin memanas. Hal tersebut diperburuk dengan demo para supir Blue Bird menuntut agar pemerintah untuk membekukan aplikasi pemesanan transportasi (GrabCar dan Uber) yang dianggap anarkis oleh publik. Sejumlah laporan menyebut pengendara ojek online diintimidasi dan menjadi korban pemukulan, sementara satu sopir taksi yang tak ikut aksi dibakar mobilnya. Blue Bird langsung jadi bulan-bulanan di social media. Reputasi yang dibangun Blue Bird sejak lama hancur seketika.

Sadar akan krisis brand yang semakin lama dibiarkan akan semakin membesar, Blue Bird meluncurkan video Berbenah Untuk Berubah. Dalam video ini mereka  mengaku lamban berubah dan meminta diberi kesempatan. Bahkan CEO of Blue Bird Group Holding, Noni Purnomo sendiri yang membaca narasinya.

Video Blue Bird yang berisi permintaan maaf ini membuat publik kembali bersimpati. Mereka  berharap agar penyelenggara transportasi terbesar ini akan memberikan service yang lebih baik. Berikut ini adalah tweet yang berisi pujian terhadap Video Blue Bird.

Continue Reading

Digital

James Bond dan Heineken Bergabung di Teknologi Web Augmented Reality Dengan Logo Grab

heineken james bond spectre

Heineken, produsen minuman beralkohol mengeluarkan versi khusus untuk menyambut hadirnya film terbaru James Bond: Spectre. Ini adalah kolaborasi Heineken dengan francise film James Bond sejak tahun 1997. Total ada 7 film Bond yang berkolaborasi dengan Heineken yaitu Tomorrow Never Dies, The World is Not Enough, Die Another Day, Casino Royale, Quantum of Solace, Skyfall, dan yang terakhir adalah Spectre.

Menurut Sandy Koning, Marketing Director, Heineken Indonesia, James Bond dan Heineken memiliki banyak kualitas aspirational yang sama, salah satunya adalah ketertarikan dengan teknologi terkini. Agent MI6 ini memang selalu dikelilingi dengan gadget yang canggih dalam setiap film-filmnya. Oleh karena itu, Heineken memperkenalkan botol edisi spesial James Bond yang dapat digunakan untuk mengakses beberapa konten ekslusif Spectre melalui fitur unik Logo Grab.

botol-heineken-james-bond

Logo Grab sendiri adalah browser-based Augmented Reality yang tidak memerlukan aplikasi khusus buat diunduh sehingga bisa menjangkau target yang lebih banyak.

Tak tanggung-tanggung Heikenen dengan logo grab menawarkan akses eksklusif konten film ‘Spectre’ berupa wawancara dengan Daniel Craig serta cuplikan behind-the-scene ‘Spectre’ di 5 lokasi yaitu Mexico, Roma, London, Austria, dan Morocco.
Berikut tampilan Heineken logo grab dari mobile phone.
heineken_logo_grab_1
Untuk menikmati konten tersebut, konsumen hanya perlu membuka link http://bond.heineken.com dan scan logo Heineken pada botol edisi James Bond dengan menggunakan smartphone. Botol edisi khusus ini sudah tersedia di seluruh Indonesia.

Continue Reading

Most Popular